Situs yang mebahas perkembangan teknologi,Mulai dari Blogger, Informasi, Bisnis dan hal yang berkaitan perkembangan teknologi.

October 28, 2022

7 Teknik Pemasaran untuk Usaha Kecil

Ketika Anda tidak memiliki anggaran yang besar, pemasaran dapat menjadi tantangan, tetapi ada banyak hal yang dapat dilakukan pemilik usaha kecil untuk menarik dan mempertahankan basis pelanggan. Meningkatnya pemasaran digital telah memudahkan pemilik usaha kecil untuk menemukan cara untuk menciptakan kehadiran dan menarik pembeli yang terinformasi.

Sebelum bisnis Anda mulai memasarkan produk, ada baiknya Anda menciptakan persona pembeli yang ingin Anda jangkau dengan materi promosi Anda. Setelah Anda memiliki pelanggan ideal, Anda akan memiliki banyak pilihan metode pemasaran. Sebagian besar adalah taktik berbiaya rendah atau tanpa biaya (kadang-kadang disebut pemasaran gerilya). Anda dapat menggunakan yang berbeda pada berbagai tahap siklus bisnis Anda—atau Anda dapat menggunakannya sekaligus dari awal bisnis Anda.

Saat Anda membangun bisnis, hal pertama yang ingin Anda amankan adalah basis pelanggan. Kemudian, dengan printer yang layak, telepon, dan perangkat yang terhubung ke internet, Anda dapat membuat kampanye iklan yang cukup luas tanpa membayar ruang. Kami akan melihat tujuh teknik pemasaran bisnis kecil secara lebih rinci.

  1. Pamflet
  2. Ini adalah metode pengeboman karpet dari iklan murah. Anda menemukan area di mana Anda ingin berbisnis dan mendistribusikan brosur ke semua kotak surat yang dapat dijangkau. Selebaran Anda harus singkat dan to the point, menyoroti layanan yang Anda tawarkan atau produk yang Anda jual dan memberikan informasi kontak. Menawarkan penilaian, kupon, atau diskon gratis dapat membantu menarik pelanggan pertama Anda.

    Selebaran tidak boleh disalahartikan sebagai poster. Selebaran lebih informatif, daftar layanan atau produk yang disediakan, informasi kontak, alamat, dan spesialisasi.

  3. Poster
  4. Sebagian besar supermarket, ruang publik, dan mal menawarkan ruang papan buletin gratis untuk pengumuman dan iklan. Metode ini berhasil atau tidak, tetapi Anda harus mencoba membuat poster Anda terlihat dan memiliki tab yang dapat dilepas yang dapat disajikan oleh pelanggan dengan diskon.

    Jadikan setiap lokasi dengan warna yang berbeda untuk mendapatkan ide dari tab tempat prospek paling banyak dihasilkan. Jika satu area menghasilkan sebagian besar prospek Anda, Anda dapat menargetkan kampanye Anda dengan lebih baik (selebaran, iklan di media lokal yang melayani area tersebut, panggilan dingin, dll.)

    Poster harus menampilkan gambar yang menarik dan ungkapan yang mudah diingat sehingga pemirsa akan mengingatnya ketika mereka bertanya-tanya ke mana harus pergi untuk apa pun yang mereka butuhkan.

  5. Nilai Tambah
  6. Nilai tambah (atau nilai-iklan) adalah nilai jual yang kuat untuk produk atau layanan apa pun. Di permukaan, penambahan nilai sangat mirip dengan kupon dan penilaian gratis, tetapi mereka bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperlebar jarak antara Anda dan pesaing.

    Penambahan nilai umum biasanya meliputi:

    • Jaminan
    • Diskon untuk pelanggan tetap
    • Kartu poin
    • Hadiah rujukan

    Faktor penentu bagi pelanggan yang memilih di antara dua toko serupa mungkin adalah faktor yang menawarkan kartu poin atau kartu pelanggan pilihan. Anda tidak perlu menjanjikan bulan untuk menambah nilai—sebagai gantinya, tunjukkan sesuatu yang mungkin tidak disadari pelanggan tentang produk atau layanan Anda. Penting untuk menyoroti nilai tambah saat membuat materi iklan Anda.

  7. Jaringan Rujukan
  8. Jaringan rujukan sangat berharga bagi bisnis, yang sering kali menyertakan rujukan pelanggan. Ini dapat didorong melalui diskon atau hadiah lain per referensi. Namun, jaringan rujukan juga mencakup rujukan bisnis-ke-bisnis. Jika Anda pernah mendapati diri Anda berkata, “Kami tidak melakukan/menjualnya di sini, tetapi X di ujung jalan melakukannya,” Anda mungkin ingin memperkenalkan diri kepada pemilik X dan berbicara dengan mereka tentang rujukan quid-pro-quo.

    Ketika berhadapan dengan profesi kerah putih, jaringan ini bahkan lebih kuat. Seorang pengacara merujuk orang ke seorang akuntan; seorang akuntan merujuk orang ke broker; perencana keuangan mengacu pada agen real estat. Dalam setiap situasi ini, orang tersebut mempertaruhkan reputasi profesionalnya pada rujukan. Terlepas dari bisnis Anda, pastikan Anda membuat jaringan rujukan yang memiliki pandangan dan komitmen yang sama terhadap kualitas yang Anda lakukan.

    Sebagai catatan terakhir tentang jaringan rujukan, ingatlah bahwa pesaing Anda tidak selalu menjadi musuh Anda. Jika Anda terlalu sibuk untuk menerima pekerjaan, buang saja. Anda akan sering mendapatkan bantuan yang dikembalikan—selain itu, reputasi Anda bisa buruk jika pelanggan harus menunggu terlalu lama.

  9. Tindak Lanjut
  10. Periklanan dapat membantu menarik pelanggan, tetapi apa yang Anda lakukan setelah mereka datang sering kali dapat menjadi alat pemasaran yang jauh lebih kuat. Kuesioner tindak lanjut adalah salah satu sumber umpan balik terbaik tentang bagaimana kampanye iklan Anda berjalan. Beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan adalah:

    • Mengapa pelanggan memilih bisnis Anda?
    • Dari mana mereka mendengarnya?
    • Perusahaan lain mana yang mereka pertimbangkan?
    • Apa yang paling menghasilkan kepuasan pelanggan?
    • Apa yang paling tidak memuaskan?

    Juga, jika pekerjaan Anda melibatkan pergi ke pelanggan, pastikan untuk menyelipkan selebaran ke kotak surat terdekat, karena orang-orang dengan kebutuhan dan minat yang sama cenderung tinggal di area yang sama.

  11. Panggilan Dingin
  12. Tidak menyenangkan? Penting? Ya, dan ya.

    Panggilan dingin—baik melalui telepon atau pintu ke pintu—adalah baptisan api bagi banyak bisnis kecil. Panggilan dingin memaksa Anda untuk menjual diri Anda dan juga bisnis Anda. Jika orang tidak dapat membeli Anda (orang yang berbicara dengan mereka), mereka tidak akan membeli apa pun dari Anda.

    Melalui telepon, Anda tidak mendapatkan manfaat dari senyuman atau percakapan tatap muka—telepon adalah lisensi bagi sebagian orang untuk bersikap sekejam dan sekonyong-konyong mungkin (kita semua bersalah dalam hal ini pada satu waktu atau yang lain. ). Namun, panggilan dingin memang membuat Anda berpikir keras dan mendorong kreativitas dan kemampuan beradaptasi saat menghadapi pelanggan potensial.

    Panggilan hangat adalah alternatif untuk panggilan dingin. Anda melakukan panggilan ke orang-orang yang telah Anda temui atau perkenalkan diri Anda melalui acara sosial, kampanye email, atau aktivitas lainnya.

  13. Internet
  14. Sulit untuk melebih-lebihkan pentingnya internet dalam membangun bisnis yang sukses. Metode pemasaran tetap sama selama 50 tahun terakhir, kecuali untuk kelahiran dan evolusi internet yang cepat. Tidak ada perusahaan (bahkan kafe lokal) yang tidak memiliki, setidaknya, situs web dengan detail penting seperti lokasi dan jam buka. Anda memerlukan titik akses untuk semua orang yang mencari di internet terlebih dahulu ketika mereka ingin membuat keputusan pembelian.

Anda mungkin juga membutuhkan:

Kehadiran media sosial: Facebook, Instagram, dan Twitter Sistem manajemen konten (CMS): Word Press, Hubspot, Joomla, atau Drupal Keterampilan optimisasi mesin pencari (SEO): Mengoptimalkan konten Anda untuk pencarian, tautan internal dan eksternal, tag judul, tag alt, dan judul Semua ketangkasan digital ini mungkin terasa menakutkan pada awalnya. Namun, teknologi penerbitan telah berkembang ke titik di mana CMS open-source dapat memenuhi semua kebutuhan ini.

Cara Mengidentifikasi Proposisi Nilai, Audiens, dan Sasaran Anda Sebelum Anda mulai mencetak dan mendistribusikan materi Anda, yang terbaik adalah mencari tahu siapa audiens Anda dan bagaimana membuat produk atau layanan Anda berharga bagi mereka. Kemudian, tetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai untuk usaha bisnis dan pemasaran Anda.

Proposisi Nilai

Penting untuk menjual produk atau layanan Anda adalah mengidentifikasi apa yang Anda lakukan untuk orang-orang yang tidak dilakukan orang lain (atau tidak melakukannya dengan baik). Untuk menetapkan proposisi nilai Anda, bandingkan apa yang Anda tawarkan dengan pesaing. Identifikasi fitur dan manfaatnya bagi Anda, dan ciptakan cara untuk menggambarkan milik Anda yang melebihi pesaing.

Proposisi nilai tertinggi Anda harus unik untuk penawaran Anda dan membuatnya menarik bagi audiens Anda. Misalnya, bayangkan Anda memiliki kedai kopi dan bistro. Ini adalah kenyamanan trendi yang ditemukan di banyak kota besar dan kecil, jadi Anda harus menganalisis pesaing Anda dan menggunakan imajinasi Anda untuk menemukan satu hal yang membuat Anda menonjol.

Katakanlah Anda telah menyempurnakan resep roti dari seluruh dunia, seperti Pao de Qeuijo (roti Brasil bebas gluten yang terbuat dari tepung gue dan keju) atau Aesh Baladi (roti Mesir), dan mengimpor kopi dari negara tempat Anda membuat roti. Anda mungkin memiliki keunggulan kompetitif dan proposisi nilai yang sangat baik—Anda menawarkan pengalaman yang tidak dimiliki kafe lain di kota ini.

Audiens

Sangat menyenangkan memiliki minat pada sesuatu yang dapat Anda ubah menjadi bisnis. Teman-teman Anda menyukai apa pun itu, dan beberapa teman mereka yang lain juga menyukainya. Itu adalah permulaan, tetapi dibutuhkan lebih dari sekadar teman untuk membuat bisnis sukses. Anda akan membutuhkan lebih banyak pelanggan, dan permintaan untuk apa yang Anda jual.

Audiens adalah kunci pemasaran. Jika Anda menargetkan satu demografis yang tidak memiliki kehadiran besar di wilayah Anda, Anda mungkin tidak terlalu berhasil kecuali jika Anda adalah pengecer online. Anda harus mengidentifikasi siapa yang paling ingin Anda jual dan memastikan produk atau layanan Anda melayani mereka. Misalnya, Anda menyukai ide kafe global dengan roti dan kopi dari seluruh dunia, tetapi Anda memerlukan basis pelanggan untuk menjualnya.

Anda harus mulai berbicara dengan orang-orang dan mendengarkan masalah kopi mereka. Cari tahu usia dan pendapatan rata-rata mereka, lihat apa yang mereka inginkan, dan tanyakan masalah apa yang mereka miliki saat ini untuk mendapatkan kopi dan pengalaman yang mereka inginkan. Setelah Anda mengidentifikasi siapa audiens Anda dan apa yang mereka butuhkan, Anda dapat mengetahui pesan yang akan Anda kirim.

Sasaran

Salah satu cara terbaik untuk mencapai sesuatu adalah dengan menetapkan tujuan. Namun, Anda tidak ingin menetapkan satu tujuan—Anda harus menetapkan tujuan akhir dan beberapa tujuan kecil yang dapat dicapai yang berkontribusi pada tujuan akhir. Seiring dengan tujuan yang lebih kecil, tetapkan garis waktu dan tanggal yang Anda inginkan untuk menyelesaikan tujuan kecil tersebut. Dengan cara ini, Anda memiliki langkah-langkah kecil untuk memandu Anda dan cara untuk mengukur kemajuan dan kesuksesan Anda.

No comments:

Post a Comment

Pages