Situs yang mebahas perkembangan teknologi,Mulai dari Blogger, Informasi, Bisnis dan hal yang berkaitan perkembangan teknologi.

November 07, 2022

Panduan Lengkap Daftar Google Shopping Secara Gratis

Baik Anda menjalankan e-niaga atau bisnis ritel fisik, kemungkinan besar Anda pernah mendengar satu atau dua hal tentang Google Shopping.

Tapi apa sebenarnya Google Shopping itu? Apakah layak digunakan? Dan, jika demikian, bagaimana Anda harus menggunakannya?

Postingan ini akan membahas semua dasar-dasar Google Shopping dan menjelaskan semua yang Anda perlukan untuk memulai dan menjalankan mesin pencari retail paling populer di dunia.

Jadi mari kita mulai dengan beberapa dasar.

Apa itu Google Shopping?

Google Shopping adalah mesin perbandingan belanja yang disediakan oleh Google yang memungkinkan konsumen untuk meneliti, membandingkan, dan membeli produk dari berbagai vendor online.

Produk yang tercantum di Google Shopping sering muncul sebagai iklan dalam hasil Google Penelusuran biasa, biasanya di dalam korsel di bagian atas laman hasil.

Pengguna juga dapat mengakses platform dengan langsung menuju situs Google Shopping atau dengan memilih tab Shopping di Google Search.

Google Shopping mengatur jutaan produk dan ulasan ke dalam format visual dan pencarian yang mudah, sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan produk yang tepat dengan harga terbaik. Pembeli juga dapat menggunakan banyak filter platform untuk menyaring lebih lanjut pencarian produk mereka, termasuk berdasarkan kisaran harga, lokasi, atau merek.

Selain itu, cantuman produk yang menyertakan ikon Google Cart dapat dibeli langsung melalui platform (sehingga pembeli tidak perlu mengunjungi toko pihak ketiga) dan dilengkapi dengan jaminan yang didukung Google untuk ketenangan pikiran tambahan.

Bagaimana Cara Kerja Google Shopping?

Penjual harus mengirimkan file yang dikenal sebagai feed produk ke Google agar produk mereka ditampilkan di Google Shopping.

Umpan produk berisi semua data yang relevan dari inventaris penjual, termasuk judul produk, deskripsi, gambar, dan harga.

Algoritma Google memproses data ini untuk menampilkan produk penjual setiap kali pengguna menelusuri kueri produk terkait.

Saat pengguna mengklik salah satu listingan produk ini, mereka akan diarahkan ke situs penjual untuk menyelesaikan pembelian (asalkan item tersebut tidak dapat dibeli langsung melalui Google Shopping).

Hingga April 2020, merchant tidak memiliki pilihan selain membayar listingan produk di Google Shopping.

Namun, sejak itu, Google telah memperkenalkan daftar produk gratis di dalam tab Google Shopping dan Google Penelusuran.

Iklan Belanja Google

hasil penelusuran google untuk xboxScreenshot dari penelusuran [xbox one series x], Google, Oktober 2022 Anda dapat membayar untuk cantuman produk yang lebih menonjol dengan membuat kampanye iklan Belanja di Google Ads. Seperti format iklan lainnya, penempatan iklan Belanja Anda ditentukan dalam lelang iklan, dan Anda akan dikenakan biaya berdasarkan biaya per klik (BPK).

Tidak seperti iklan teks biasa, iklan Google Shopping bersifat visual, menampilkan gambar produk dan informasi seperti judul, harga, dan nama toko.

Mereka dapat muncul di tab Belanja, Google Penelusuran, Google Gambar, dan di situs web Mitra Penelusuran Google.

hasil pencarian google untuk xbox one

Daftar Google Shopping Secara Gratis

Anda sekarang dapat mencantumkan produk Anda di Google Shopping secara gratis, sama seperti Anda dapat mencantumkan situs web Anda di indeks Google Penelusuran tanpa perlu membayar.

Tentu saja, cantuman gratis tidak menikmati keunggulan cantuman bersponsor, tetapi cantuman itu muncul di seluruh ekosistem Google, termasuk di tab Belanja, Google Penelusuran, Gambar Google, dan YouTube.

Berikut adalah contoh listingan gratis yang muncul di Google Penelusuran dalam panel pengetahuan produk:

hasil google untuk xboxScreenshot dari pencarian untuk [xbox one series x], Google, Oktober 2022 Haruskah Saya Terdaftar Di Google Shopping?

Singkatnya, ya!

Berikut adalah beberapa cara utama Google Shopping dapat menguntungkan bisnis e-niaga atau ritel Anda:

Visibilitas Produk Lebih Besar

Didukung oleh mesin telusur paling populer di dunia, mencantumkan produk Anda di Google Shopping dapat meningkatkan jangkauan pelanggan Anda secara signifikan.

Selain itu, menggunakan layanan ini memungkinkan merek Anda muncul beberapa kali dalam satu halaman hasil Google Penelusuran, sehingga menggandakan keterpaparan Anda kepada calon pelanggan.

Misalnya, jika Anda menggabungkan cantuman Google Shopping gratis dan berbayar dengan iklan Penelusuran tradisional — dan peringkat situs web Anda secara organik untuk kueri yang dimaksud — Google dapat menampilkan keempatnya di hasil penelusuran secara bersamaan.

Paparan Pengguna Dengan Niat Membeli Tinggi

Secara alami, pengguna yang langsung menuju ke platform Google Shopping biasanya melakukannya dengan niat untuk membeli sesuatu. Jadi, tidak perlu ragu untuk mencoba mendaftarkan produk Anda secara gratis di salah satu etalase paling populer di dunia.

Selain itu, cantuman Google Shopping gratis dan berbayar hanya muncul di Google Penelusuran jika dianggap cocok dengan maksud penelusuran pengguna.

Daya Tarik Visual

Iklan Shopping lebih menarik daripada iklan hanya teks.

Setiap kali pengguna mencari produk tertentu atau melakukan penelitian untuk mengetahui warna, gaya, dan ukuran apa yang tersedia, mereka cenderung menemukan hasil yang menampilkan gambar produk yang sebenarnya berguna.

Ini, pada gilirannya, dapat menghasilkan lebih banyak klik dan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Cara Menambahkan Produk Ke Google Shopping

Sekarang setelah Anda memahami dasar-dasar Google Shopping dan bagaimana Google Shopping dapat membantu bisnis Anda berkembang, mari kita lihat apa yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan platform.

  1. Buat Akun Google Merchant Center dasbor pusat pedagang google Tangkapan layar dari Blog Iklan & Niaga Google, Oktober 2022 Langkah pertama untuk mencantumkan produk Anda di Google Shopping adalah menyiapkan akun Google Merchant Center.

    Ini akan berfungsi sebagai hub pusat tempat Anda dapat mengelola bagaimana katalog produk Anda muncul di seluruh Google.

    Proses setup cukup jelas.

    Anda akan diminta untuk memberikan beberapa informasi bisnis dasar, memilih cara yang Anda inginkan untuk dilihat oleh pelanggan (misalnya, di situs web Anda atau melalui Google), dan diperintahkan untuk memverifikasi situs web Anda.

    Anda juga akan diberikan opsi untuk ikut serta dalam daftar produk gratis!

  2. Buat Gambar Produk Berkualitas Tinggi

    Kita telah melihat bagaimana gambar produk memainkan peran sentral dalam iklan Shopping, itulah sebabnya Anda perlu memastikan semua gambar produk Anda berkualitas tinggi.

    Ini berarti setiap gambar harus menampilkan produk dengan jelas dan akurat menggunakan latar belakang yang bersih.

    Jadi pastikan untuk menghindari overlay gambar, batas gambar, atau latar belakang warna-warni. Anda juga harus tetap menggunakan satu produk per gambar kecuali produk tersebut merupakan bagian dari bundel.

  3. Unggah Umpan Produk Anda

    Langkah selanjutnya adalah mengirimkan umpan produk Anda. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, feed produk adalah file yang mencantumkan semua produk yang ingin Anda promosikan melalui Google Shopping.

    Anda dapat memformat umpan produk dalam spreadsheet, memberikan setiap produk barisnya sendiri dan menentukan atribut produk di kolom yang berbeda.

    Anda dapat menemukan umpan data template di dalam Google Merchant Center. Berikut adalah beberapa atribut yang dibutuhkan Google untuk membuat listingan produk berbayar dan gratis:

    • Identifikasi: Seperti unit penyimpanan stok (SKU) untuk mengidentifikasi produk secara unik.
    • Judul: Deskripsi produk tingkat atas yang akurat.
    • Deskripsi: Deskripsi produk yang lebih detail.
    • Ketersediaan: Menentukan apakah produk saat ini tersedia.
    • Harga: Merinci berapa biaya produk.
    • Tautan: Menentukan URL laman landas produk.
    • Tautan gambar: URL ke gambar utama produk.

    Setelah Anda menyelesaikan umpan produk, unggah file ke Google Merchant Center.

    Setelah mengirimkan umpan produk Anda ke Google Merchant Center, setiap produk akan diberi status produk: Aktif, Tertunda, Tidak Disetujui, atau Kedaluwarsa.

    Anda dapat menemukan petunjuk tentang cara memeriksa status produk Anda, serta perincian terperinci dari setiap status dan artinya, di sini.

    Untuk panduan lebih lanjut tentang membuat dan mengupload feed produk Anda, lihat video ini dari Google:

    Catatan: Setiap file dibatasi hingga maksimum 100.000 item secara default. (Meskipun Anda dapat mengubah ini dengan mengirimkan permintaan.)

  4. Tautkan Google Merchant Center dan Akun Google Ads Anda

    Untuk mempromosikan produk Anda melalui iklan Google Shopping, Anda harus menyiapkan akun Ads (jika Anda belum melakukannya) dan menghubungkannya ke Google Merchant Center.

    Klik tautan Akun dalam menu setelan Google Merchant Center untuk menautkan kedua akun.

    Kemudian, klik Tautkan akun di bawah bagian Google Ads.

  5. Siapkan Kampanye Belanja Google Anda Setelah kedua akun ditautkan, Anda harus membuat kampanye Google Shopping.

    Anda dapat menyiapkannya di Google Merchant Center atau Google Ads. Inilah proses untuk yang terakhir:

    • Pilih Kampanye, lalu Kampanye Baru.
    • Pilih tujuan kampanye Anda dan pilih Belanja di bawah Jenis kampanye.
    • Tentukan setelan kampanye Anda, seperti nama kampanye, lokasi, strategi penawaran, anggaran harian, dan jadwal kampanye
    • Pilih jenis grup iklan yang ingin Anda buat untuk kampanye Anda (grup iklan Belanja Produk paling cocok untuk pendatang baru Google Shopping)
    • Beri nama grup iklan Anda, tentukan tawaran BPK maksimum Anda (atau tawaran biaya per keterlibatan jika Anda memilih grup iklan Shopping Katalog), dan hemat!

Pikiran Akhir

Google Shopping memberi konsumen cara yang sederhana namun canggih untuk menemukan produk yang mereka inginkan dengan harga terbaik, semuanya di satu tempat.

Platform ini tidak hanya menyelamatkan pembeli dari kerumitan mengunjungi toko online yang berbeda satu per satu hanya untuk menemukan kesepakatan yang tepat, tetapi juga memberdayakan mereka untuk membuat keputusan pembelian yang lebih baik dengan mengumpulkan berbagai data produk dan ulasan pelanggan dengan rapi.

Untuk bisnis e-niaga dan ritel, Google Shopping menawarkan potensi untuk menjangkau banyak sekali pelanggan yang memiliki motivasi tinggi.

Selain itu, keputusan Google baru-baru ini untuk membuka platform untuk semua pedagang, gratis, telah menciptakan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi bisnis seperti milik Anda untuk mendapatkan pelanggan baru dengan biaya minimal.

Oleh karena itu, inilah saatnya bagi Anda untuk memanfaatkan peluang ini dan mulai memaksimalkan Google Shopping dalam bisnis Anda sendiri, baik Anda memulai dengan listingan gratis, iklan Shopping, atau keduanya.

Selamat menjual!

No comments:

Post a Comment

Pages